2.1Penawaran dan
permintaan
Dari Wikipedia
bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harga dari suatu
produk (P), ditentukan oleh keseimbangan antara tingkat produksi pada harga
tertentu (yaitu penawaran: S) dan tingkat keinginan dari orang-orang yang
memilikikekuatan membeli pada
harga tertentu (yaitu permintaan: D). Grafik ini memperlihatkan adanya
peningkatan permintaan, dari D1 ke D2, seiring dengan peningkatan harga
dan kuantitas (Q) produk yang terjual.
Teori penawaran
dan permintaan (bahasa Inggris: supply and demand) dalam ilmu
ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para
calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan
permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di
pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi
mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia
juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya.
Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif,
harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh
konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga
terciptalah keseimbangan ekonomi antara
harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor
yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk
terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
[sunting]Pengertian penawaran
Penawaran adalah
jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai
tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi
penawaran:
Harga barang itu
sendiri.
Harga sumber
produksi.
Tingkat
produksi.
Ekspektasi/perkiraan.
Pengertian
permintaan
Permintaan
adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada
berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang
mempengaruhi permintaan :
Harga barang itu
sendiri.
Harga barang
lain yang berkaitan.
Tingkat
pendapatan.
Selera konsumen.
Ekspektasi/perkiraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar