Minggu, 16 Juni 2013

1/2 3. Komunikasi Efektif


1.3 Cara Lakukan Komunikasi Efektif
3 Cara Lakukan Komunikasi Efektif
Berita Terkait
Ditulis oleh Pepy Amalia | 07 March 2013 16:12 WIB
Menurut survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Kamis (7/3), ECC UGM kembali menggelar Softskill Training bertajuk

Bertempat di Career Corner ECC UGM, Jalan Sunaryo 8, Kotabaru acara berlangsung pukul 09.00 - 12.00 WIB. Training ini termasuk dalam seri Public Speaking. Seperti pada batch sebelumnya, pelatihan ini dipandu oleh Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog.

Rudi mengungkapkan indikator untuk menentukan efektif tidaknya Anda berkomunikasi. Hal ini bisa dilihat dari adanya respon, baik itu respon positif maupun negatif. “Jadi apabila sudah mendapatkan respon itu berarti Anda sudah melakukan komunikasi yang efektif”, papar Rudi. Dalam tema kali ini, Rudi menjelaskan tiga communication skill dalam tiga kategori, yakni know your audience, know your script, dan know your silent message.
  1. Know your audience merupakan kemampuan seseorang untuk menguasai publik. Public speaker diharapkan mengetahui siapa peserta yang menjadi lawan bicara. Misalnya melalui tingkatan pendidikan dan tujuannya mengikuti suatu kegiatan.

  1. Know your script. Tahap ini merupakan objek pembicaraan yang akan atau sedang dibahas. Seperti biasa di setiap sesinya Rudi selalu memberi kesempatan kepada peserta training untuk melakukan praktek. Hal tersebut dilakukan untuk membuat peserta lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Peserta training diminta untuk membuat materi public speaking dalam waktu yang singkat lalu mempresentasikannya.

  1. Know your silent message. Hal ini tentunya tidak asing lagi bagi Anda. Komunikasi ini meliputi kontak tubuh, seperti kontak mata, senyuman, gerakan tangan dan kaki, serta cara berpakaian. Dalam sesi know your silent message Rudi menampilkan beberapa video tokoh pemimpin yang sedang berpidato. Dan para peserta diminta untuk menanggapi gesture yang dilihat.

Training ditutup dengan penjelasan mengenai proksemik yang merupakan jarak relasi individu dengan lingkungannya saat berkomunikasi. Apakah Anda berkomunikasi, di wilayah personal, sosial, atau publik. Tentu akan berbeda pesan dan pola komunikasinya.

Rabu (13/3) mendatang kami masih akan kembali dengan tajuk “Powerful Presentation”. Ketahui bagaimana cara melakukan presentasi yang memikat melalui pelatihan ini. Detil tentang pelatihan ini silakan klik di sini . Jangan lewatkan! ^^ [CN/IP/Nov] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar